LAPORAN
VISIT HOTEL “ALL SEASON”
Disusun oleh :
NAMA
|
NIM
|
MURNIATI
|
2017130066
|
GANA RANDIKA
|
2017130033
|
FARID EL ABDUL
|
2017130067
|
PRASTOWO AJI
|
2017130034
|
THUFAILLUTHF Y
|
2017130063
|
FAJRIEL FALAH
|
2017130076
|
TEUKU RIZKY S
|
2017130061
|
M RAFLI JANU
|
2017130035
|
SEKOLAH
TINGGI PARIWISATA SAHID
TAHUN
2017
PENDAHULUAN
A. Latar belakang All Seasons
All
Seasons berada dibawah naungan Accor Hotels dan All Seasons Jakarta Gajah Mada
Terletak di JL. KH. Zainul Arifin 5 & 7. Petojo Utara 10130 JAKARTA INDONESIA.
Our
History
Soft Opening
|
Grand Opening
|
21 June 2013
|
24 ctober 2013
|
1. Untuk
Lantai Pertama di Hotel All Seasons Gajah Mada (1st floor)
- Lobby
- Streats
Restaurant
- Lounge
Bar
- Countyard
- Front
Office
- Kitchen
2. Untuk
Lantai Kedua di Hotel All Seasons Gajah Mada (2nd floor)
- Owner
Office
- G-Functional
Room
- General
Store
- Employee’s
Canteen
- FBS
Office
3. Untuk
Lantai Ketiga di Hotel All Seasons Gajah Mada (3rd floor)
- Guest
room (Superior, Deluxe, & Suite
room)
GUEST
FACILITIES
|
EMPLOYEE FACILITIES
|
v sTreats Restaurant
v Lounge Bar
v 6 Function rooms
-
Lime Green
-
Steel Blue
-
Magenta
-
Crimson
-
Misty Rose
-
Aquamarine
v Courtyard
v Swimming pool
|
v Canteen
v Locker
v Musholla
v Smoking Area
v Free Parkir
|
BASEMENT
|
SEMI BASEMENT
|
v Engineering office
|
v Security office
v Housekeeping office
v Receiving office
v Musholla
v Parking area
|
B. Maksud dan Tujuan
Untuk
menambah pengetahuan tentang bidang perhotelan pada department yang ada didalam
industri perhotelan dan sebagai tugas visit hotel.
C. Tempat yang kami kunjungi
1. Banquet
2. Housekeeping
3. Front
office
4. Kitchen
dan Restaurant
PEMBAHASAN
A. F&B Depatment (Banquet)
Hotel All Seasons Gajah Mada
memiliki 6 Function Room yaitu Lime Green, Steel Blue, Magenta, Crimson, Misty
Rose, Aquamarine. Setiap Ballroom memiliki fungsi dan fasilitas yang berbeda –
beda
LIME
GREEN
Lime
green memiliki luas 160m persegi dan berkapasitas maksima 80 orang.
Fasilitas
yang di miliki oleh lime green adalah Infocus, Layar proyektor, Coffe maker
CRIMSON
Crimson
memiliki luas103m persegi dan memiliki kapasitas maksimal 48 orang.
Fasilitas
yang dimiliki crimson adalah infocus, Layar proyektor, Coffe maker
STEEL
BLUE
Steel
bluememiliki luas 95m persegi dan berkapasitas maksimal 40 orang
Steel
blue memiliki fasilitas yaitu Infocus, Layar proyektor, Coffe maker
MAGENTA
Magenta
memiliki luas 106m per segi dan memiliki kapasitas 40 sampai 41 orang
AQUAMARINE
Aquamarine
adalah gabungan dari 4 ball room yaitu CRIMSON, LIME GREEN, MAGENTA, STEEL BLUE
memiliki
luas 465m persegi dan memiliki kapasitar
maksimal 210 orang
Biasa
di gunakan untuk weding event,party,DLL
MISTY
ROSE
memiliki
luas 62m persegi dan memiliki kapasitas 30 sampai35 orang
fasilitas
yang di miliki MISTY ROSE yaitu Proyektor, Layar Proyektor, White Board, Coffe
Maker
B .
HOUSEKEEPING
Hotel All SeasonGajahmada
memiliki150 room diantara nya terdiri dari 137 superior room,6 deluxe room,dan
7 sweet room
Fasilitas
dalam sweet room terdapat lifing room,tv,coffe maker,bat towel,dan room
service24 jam
Fasilitas
dalam deluxe tidak terdapat living room,terdapat sofa dan meja,tv,cool bar,room
service dari jam 6 sampai jamn12
Fasilitas
di dalam superior,tidak terdapat living room,tv,cool bar,
Yang
membedakan tiga kamar tersebut adalah size ruangan saja
,setiap
kamar tidak di lengkapi bathtub,semua laundry lenan dioper keluar hotel karena
hotel hanya melaundry pakaian tamu dan staff saja.
HOTEL
ALL SEASONS gajah mada membedakan smoking room dan non smoking room hanya
terdapat di lantai 2.hotel ini menerapkan sistem planet 21 dimana setiap handuk
yang digantung selama 1 menit akan di salurkan oleh system untuk memisahkan
setiap keuntungan dari hotel untuk penanaman satu pohon,jika 5menit maka
menjadi lima pohon.
Pegawai
housekeeping di hotel all seasons gajah mada memiliki 12 orang staff.sistem
kerja nya 5 hari kerja dan 2 hari libur.
C.
FOOD
& BEVERARAGE DEPARTEMENT
Di dampingi oleh chef dedi
denaniansyah selaku executive chef di hotel all season gajah mada Jakarta,kita
di ajak untuk melihat streat rrestaurant yang memiliki kapasitas 80 orang serta
system pelayanan al’a carte menu dan buffet service,kemudian kita di arahkan ke
area live cooking egg corner yg menyediakan hidangan telur seperti,
omelete,scrumble egg,suny set up .
Setelah itu kita diajak untuk
melihat bagian dalam kitchen all seasons hotel gajah mada dan di jelaskan
tentang mekanisme cara pengolahan sampai cara destribusian hidangan matang
menuju restaurant danbanquet buffet ,dan kami juga memasuki outlet kitchen
seperti butchery outlet yang melayani pemotongan daging mentah,ikan dan daging
lain nya sebelum di olah.kemudian memasuki area pastry kitchen yang menangani
pembuatan bread,cake,cokies, dan cold kitchen yang menangani pembuatan salad
dan buah.
Di lanjut memasuki wilayah kerja
steaward yang bertugas membersihkan peralatan kerja kitchen dan restaurant
dengan cara dicuci menggunakan air danchemical setelah itu alat yang sudah di
cuci selanjut nya dipanaskan dengan uap sehingga kuman dan bakteri mati.
D.
FRONT
OFFICE DEPARTMENT
Front Office Allseason memiliki
sistem member yaitu Le Club member dan Accor Plus member.
Le
Club Member merupakan Guest yang ingin bergabung sebagai member tidak memerlukan biaya untuk
bergabung akan tetapi memerlukan Service Charge Card per-tahunnya untuk
melanjutkan ataupun memperpanjang member Le Club,
Accor
Plus Member merupakan member yang dimana tamu
diperlukan untuk mengeluarkan biaya pada saat awal tetapi mendapatkan
berbagai macam lelebihan serta dapat menginap secara gratis dan menikmati
berbagai macam fasilitas yang ada di Hotel Allseason dalam waktu tertentu.
Reservasi Hotel All Season gajah
mada ditangani oleh sales terkecuali walk in guest . All Season memiliki Guest
Service Agent atau disebut dengan General Register Office atau GRO bertugas sebagai penyambut
tamu khusus VIP , melakukan setup aminities VIP serta mengantarkan tamu VIP
sampai ke kamar dan bertanggung jawab atas penilaian hotel.
Front Office Department di Hotel All Season Gajah Mada memiliki standart
grooming yang tidak mengharuskan pegawai wanitanya menggunakan Hairnet dan bagi
yang Pria tidak terlalu formal contohnya menggunakan jas tetapi tidak dengan
dasi.
Beliau
mengajarkan kami tentang teknis penggunaan sistem reservasi dengan Realta
Global System dan caranya men-check Standart Occupancy di trust you analystic.
0 komentar:
Posting Komentar