Rabu, 18 Oktober 2017

VISIT HOTEL KELOMPOK 3

LAPORAN 
VISIT HOTEL “ALL SEASON”



Disusun oleh :

NAMA
NIM
MURNIATI
2017130066
GANA RANDIKA
2017130033
FARID EL ABDUL
2017130067
PRASTOWO AJI
2017130034
THUFAILLUTHF Y
2017130063
FAJRIEL FALAH
2017130076
TEUKU RIZKY S
2017130061
M RAFLI JANU
2017130035



SEKOLAH TINGGI PARIWISATA SAHID
TAHUN 2017
PENDAHULUAN

   A.  Latar belakang All Seasons

All Seasons berada dibawah naungan Accor Hotels dan All Seasons Jakarta Gajah Mada Terletak di JL. KH. Zainul Arifin 5 & 7. Petojo Utara 10130 JAKARTA INDONESIA.

Our History
Soft Opening
Grand Opening
21 June 2013
24  ctober 2013


1.    Untuk Lantai Pertama di Hotel All Seasons Gajah Mada (1st floor)
-       Lobby
-       Streats Restaurant
-       Lounge Bar
-       Countyard
-       Front Office
-       Kitchen


2.    Untuk Lantai Kedua di Hotel All Seasons Gajah Mada (2nd floor)
-       Owner Office
-       G-Functional Room
-       General Store
-       Employee’s Canteen
-       FBS Office


3.    Untuk Lantai Ketiga di Hotel All Seasons Gajah Mada (3rd floor)
-       Guest room (Superior, Deluxe, &  Suite room)






GUEST FACILITIES
EMPLOYEE FACILITIES

v  sTreats Restaurant
v  Lounge Bar
v  6  Function rooms
-       Lime Green
-       Steel Blue
-       Magenta
-       Crimson
-       Misty Rose
-       Aquamarine
v  Courtyard
v  Swimming pool

v  Canteen
v  Locker
v  Musholla
v  Smoking Area
v  Free Parkir
BASEMENT
SEMI BASEMENT

v  Engineering office

v  Security office
v  Housekeeping office
v  Receiving office
v  Musholla
v  Parking area



    B.  Maksud dan Tujuan

          Untuk menambah pengetahuan tentang bidang perhotelan pada department yang ada didalam industri perhotelan dan sebagai tugas visit hotel.


   C.  Tempat yang kami kunjungi

1.    Banquet
2.    Housekeeping
3.    Front office
4.    Kitchen dan Restaurant



PEMBAHASAN


     A.  F&B Depatment (Banquet)

            Hotel All Seasons Gajah Mada memiliki 6 Function Room yaitu Lime Green, Steel Blue, Magenta, Crimson, Misty Rose, Aquamarine. Setiap Ballroom memiliki fungsi dan fasilitas yang berbeda – beda

LIME GREEN
Lime green memiliki luas 160m persegi dan berkapasitas maksima 80 orang.
Fasilitas yang di miliki oleh lime green adalah Infocus, Layar proyektor, Coffe maker

CRIMSON
Crimson memiliki luas103m persegi dan memiliki kapasitas maksimal 48 orang.
Fasilitas yang dimiliki crimson adalah infocus, Layar proyektor, Coffe maker

STEEL BLUE
Steel bluememiliki luas 95m persegi dan berkapasitas maksimal 40 orang
Steel blue memiliki fasilitas yaitu Infocus, Layar proyektor, Coffe maker

MAGENTA
Magenta memiliki luas 106m per segi dan memiliki kapasitas 40 sampai 41 orang

AQUAMARINE
Aquamarine adalah gabungan dari 4 ball room yaitu CRIMSON, LIME GREEN, MAGENTA, STEEL BLUE
memiliki luas 465m persegi dan memiliki  kapasitar maksimal 210 orang
Biasa di gunakan untuk weding event,party,DLL

MISTY ROSE
memiliki luas 62m persegi dan memiliki kapasitas 30 sampai35 orang
fasilitas yang di miliki MISTY ROSE yaitu Proyektor, Layar Proyektor, White Board, Coffe Maker


       B .   HOUSEKEEPING

            Hotel All SeasonGajahmada memiliki150 room diantara nya terdiri dari 137 superior room,6 deluxe room,dan 7 sweet room
Fasilitas dalam sweet room terdapat lifing room,tv,coffe maker,bat towel,dan room service24 jam
Fasilitas dalam deluxe tidak terdapat living room,terdapat sofa dan meja,tv,cool bar,room service dari jam 6 sampai jamn12
Fasilitas di dalam superior,tidak terdapat living room,tv,cool bar,
Yang membedakan tiga kamar tersebut adalah size ruangan saja
,setiap kamar tidak di lengkapi bathtub,semua laundry lenan dioper keluar hotel karena hotel hanya melaundry pakaian tamu dan staff saja.
HOTEL ALL SEASONS gajah mada membedakan smoking room dan non smoking room hanya terdapat di lantai 2.hotel ini menerapkan sistem planet 21 dimana setiap handuk yang digantung selama 1 menit akan di salurkan oleh system untuk memisahkan setiap keuntungan dari hotel untuk penanaman satu pohon,jika 5menit maka menjadi lima pohon.
Pegawai housekeeping di hotel all seasons gajah mada memiliki 12 orang staff.sistem kerja nya 5 hari kerja dan 2 hari libur.


       C.   FOOD & BEVERARAGE DEPARTEMENT

            Di dampingi oleh chef dedi denaniansyah selaku executive chef di hotel all season gajah mada Jakarta,kita di ajak untuk melihat streat rrestaurant yang memiliki kapasitas 80 orang serta system pelayanan al’a carte menu dan buffet service,kemudian kita di arahkan ke area live cooking egg corner yg menyediakan hidangan telur seperti, omelete,scrumble egg,suny set up .

            Setelah itu kita diajak untuk melihat bagian dalam kitchen all seasons hotel gajah mada dan di jelaskan tentang mekanisme cara pengolahan sampai cara destribusian hidangan matang menuju restaurant danbanquet buffet ,dan kami juga memasuki outlet kitchen seperti butchery outlet yang melayani pemotongan daging mentah,ikan dan daging lain nya sebelum di olah.kemudian memasuki area pastry kitchen yang menangani pembuatan bread,cake,cokies, dan cold kitchen yang menangani pembuatan salad dan buah.

            Di lanjut memasuki wilayah kerja steaward yang bertugas membersihkan peralatan kerja kitchen dan restaurant dengan cara dicuci menggunakan air danchemical setelah itu alat yang sudah di cuci selanjut nya dipanaskan dengan uap sehingga kuman dan bakteri mati.


     D.   FRONT OFFICE DEPARTMENT

            Front Office Allseason memiliki sistem member yaitu Le Club member dan Accor Plus member.
Le Club Member merupakan Guest yang ingin bergabung  sebagai member tidak memerlukan biaya untuk bergabung akan tetapi memerlukan Service Charge Card per-tahunnya untuk melanjutkan ataupun memperpanjang member Le Club,
Accor Plus Member merupakan member yang dimana tamu  diperlukan untuk mengeluarkan biaya pada saat awal tetapi mendapatkan berbagai macam lelebihan serta dapat menginap secara gratis dan menikmati berbagai macam fasilitas yang ada di Hotel Allseason dalam waktu tertentu.

            Reservasi Hotel All Season gajah mada ditangani oleh sales terkecuali walk in guest . All Season memiliki Guest Service Agent atau disebut dengan General Register  Office atau GRO bertugas sebagai penyambut tamu khusus VIP , melakukan setup aminities VIP serta mengantarkan tamu VIP sampai ke kamar dan bertanggung jawab atas penilaian hotel.

            Front   Office Department di Hotel All Season Gajah Mada memiliki standart grooming yang tidak mengharuskan pegawai wanitanya menggunakan Hairnet dan bagi yang Pria tidak terlalu formal contohnya menggunakan jas tetapi tidak dengan dasi.

Beliau mengajarkan kami tentang teknis penggunaan sistem reservasi dengan Realta Global System dan caranya men-check Standart Occupancy di trust you analystic.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Laman