Selasa, 26 September 2017

VISIT HOTEL: KELOMPOK 1



LAPORAN

VISIT HOTEL ALL SEASONS GAJAH MADA JAKARTA

23HR2 D3 PERHOTELAN



KELOMPOK 1
ANNISA SHALSABILLA DIARNI
AYI AGUSTI NINGSIH
VIVI SOFIAH
 WILLIAM BERNAD
AHMAD ZULFIKAR ALAM
RIZKY ALAN SIMI
SAMUEL RAINHART



SEKOLAH TINGGI PARIWISATA SAHID
PONDOK CABE














KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmatNya Kami dapat menyelesaikan laporan kunjungan hotel yang di laksanakan di Hotel All seasons Gajah mada jakarta.
Akhirnya dengan segala kerendahan hati izinkan lah kami untuk menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan pengarahan dan bimbingan dalam pembuatan laporan ini.
Kami menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat di butuhkan. Harapan dari penulis semoga laporan yang memuat pengalaman dan pengetahuan yang di dapatkan selama melaksanakan kunjungan hotel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



























BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar belakang All Seasons

All seasons Hotel adalah hotel yang menggunakan dasar dari IBIS style dimana IBIS itu masih tergabung di dalam Accord group.

Accord Group sendiripun memiliki berbagai macam Brand hotel yang teridiri dari Luxury class sampai economical class dan IBIS termasuk di dalam Economical Style

Jadi All sesasons adalah Hotel yang ada di bawah naungan IBIS dimana IBIS style itu adalah suatu style yang tidak terlalu fromal atau sangat friendly terhadap guest.

All seasons memiliki 3 cabang yaitu :
1. All seasons thamrin
2. All sesasons gajah mada
3. All seasons Legian bali

Dan Hotel all seasons yang kami kunjungi pada saat visit hotel di hari sabtu tanggal 23 september 2017 adalah hotel all seasons gajah mada



B. Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dari kelompok kami mengunjungi hotel all season gajah mada adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita di bidang perhotelan khususnya masing-masing departemen yang ada didalam industri perhotelan dan juga juga sebagai tugas kita.


C. Tempat dan department yang kami kunjungi

1. Front office department
2. Kitchen dan restaurant
3. Banquet
4. Housekeeping



BAB II

PEMBAHASAN

A. Front office department

Hal pertama yang kelompok kami lakukan adalah berkumpul diruang lime green ballroom lantai 2 hotel allseason, dan kami berkesempatan bertemu dengan para manager dan executive chef diruang tersebut.

Setelah berkenalan dan mendengarkan sedikit presentasi dari ibu Devy Tambunan selaku Talent and culture manager. Lalu kita mengikuti arahan dari asisstan manager front office, Beliau menjelaskan tentang kondisi dan SOP serta karyawan Allseason hotel gajah mada, yang ternyata memiliki standard yang sedikit berbeda dengan hotel lainnya.

Di department ini memiliki standard grooming yang tidak mengharuskan pegawai wanita memakai hairnet dan pegawai laki-laki tidak terlalu formal seperti memakai jas tapi tidak memakai dasi. Dan kami diajarkan oleh beliau tentang teknis penggunaan sistem reservasi menggunakan realta global system, dan cara mengecheck standard occupancy di trust you analystic.

Reservasi di hotel Allseason gajah mada ditangani oleh sales terkecuali walk in guest. Di hotel ini terdapat guest service agent atau di hotel lain sering disebut general register office atau GRO, yang bertugas untuk menyambut tamu tamu VIP, bertanggung jawab atas penilaian hotel dan melakukan set up aminities VIP serta mengantarkan Tamu VIP sampai ke kamarnya

Front office all seasons memiliki sistem member yang terbilang cukup unik yaitu Le club member dan Accor Plus member dimana Le Club member adalah Guest yang ingin bergabung sebagai member tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bergabung tetapi mengeluarkan service charge card setiap tahunya untuk melanjutkan atau memperpanjang umur sebagai member Le Club

Sedangkan Accor plus member adalah member dimana tamu diperlukan untuk mengeluarkan biaya di awalnya tetapi mendapatkan berbagai macam kelebihan serta bisa menginap secara gratis dan menikmati berbagai macam fasilitas di hotel all sesasons dalam tempo tertentu









Le club card pun terbagi menjadi 4 yaitu :
1. Classic card
Member ini dapat langsung bergabung dan mendapatkan poin setiap kali menginap atau menggunakan fasilitas berbayar di hotel all seasons yang nantinya point tersebut dapat di tukar untuk berbagai macam reward yang tersedia di hotel All seasons, tamu pun mendapatkan langsung welcome drink ketika menginap di hotel

2. Silver card
Member ini memiliki kelebihan di classic card dan juga memiliki Hak Khusus untuk early check in dan late check out

3. Gold card
Member ini mendapatkan semua keuntungan di classisc dan silver serta meimiliki VIP status free upgrade room dan mendapatkan amenities dari hotel

4. Platinum Card
Mendapatkan semua benefit dari ke 3 kartu member dan VIP status free upgrade room dan juga mendapatkan special book room dimana guest 3 hari sebelum reservasi pun sudah mendapatkan kamar, dan guest dipastikan mendapatkan kamar biarpun hotel sudah full book (Dengan kondisi tamu yang bukan member akan di oper atau di alihkan ke hotel cabang accord terdekat)


B. Food & Beverage Department

Di dampingi oleh Chef Dedi denaniansyah selaku Executive Chef Di HoteL All seasons gajah mada jakarta, Sebelum memasuki area main kitchen kami terlebih dahulu di perkenalkan pada Streats Restourant yang memiliki kapasitas 80 orang serta sistem pelayanan Al’a Carte dan buffet service kemudian kami diarahkan menuju area cooking LIive Egg Corner yang menyediakan hidangan telur untuk melayani tamu breakfast seperti omelete, scramble egg, suny side up.

Setelah itu kami di persilahkan memeasuki Hot kitchen dan di jelaskan mekanisme cara pengolahan sampai cara pendistribusian hidangan matang menuju restouran dan banquet buffet, dan kami pun memasuki outlet kitchen seperti butchery outlet yang menangani pemotongn daging mentah, ikan, daginglainnya sebelum di olah, kemudian memasuki area pastry kitchen yang menangani pembuatan bread,cake, cookies dan cold kitchent yang menangani pembuatan hidangan dingin seperti salad dan buah.

Memasuki wilayah kerja steawerd yang bertugas membersihkan peralatan dapur dan restouran dengan cara mencuci menggunakan air dan chemical setelah itu melalui proses pemanasan sehingga kuman atau bakteri mati. Meskipun memiliki kitchen yang tidak terlalu luas tetapi kitchen all seasons hotel gajah mada mampu melayani catering banquet buffet sampai 500 pack serta dapat merawat baik seluruh peralatan kitchen dan menjaga kebersihan area kitchen.

C. F&B DEPARTMEN ( BANQUET )

Hotel All Seasons Gajah Mada memiliki Ballroom yang bernama Aquamarine Ballroom. Yang terbagi menjadi 5 room yaitu, Steel Blue, Lime Green, Magenta, Crimson dan Misty Rose. Setiap ballroom memiliki fungsi dan fasilitas yang berbeda-beda. Contohnya jika untuk meeting fasilitas yang disediakan adalah proyektor, screen, microphone, selebihnya tergantung request dari guest dan sesuai paket. Biasanya mineral water pasti dapat.

Ballroom bisa di pergunakan bukan hanya untuk meeting tetapi juga, wedding, birthday party dan seminar. Biaya pakai yang diperlukan adalah Rp.1.500.000/jam


D. HOUSE KEEPING
    
Hotel All seasons Gajah Mada memiliki 150 room di antarany terdiri dari 137 superior room, 6 deluxe room dan 7 suite room.
Fasilitas didalam suite room terdapat living room,TV,coffe maker, bed towel, dan rooms service 24 jam.
Fasilitas di dalam deluxe tidak terdapat living room, terdapat sofa dan meja, TV, Cool bar, rooms service dari jam 6-9.
Fasilitas didalam superior tidak terdapat living room, TV, cool bar.

Yang membedakan ketiga kamar tersebut hanya size ruangan saja. setiap kamar tidak ada bathtub. Semua laundry lenan dioper keluar hotel karena hotel hanya melaundry pakaian tamu dan staff.

Hotel all seasons Gajah Mada membedakan smoking room dan non smoking room. Smoking room hanya terdapat dilantai 2. Hotel ini menerapkan sistem planet 21 dimana setiap handuk yang digantung selama 1 menit akan disalurkan by system untuk memisahkan sedikit keuntungan dari hotel untuk penanaman satu pohon, jika 5 menit maka menjadi 5 pohon.

Pegawai housekeeping di Hotel all seasons Gajah Mada ada 17 staff. Sistem kerjanya 5 hari kerja dan 2 hari libur.









KESIMPULAN  


Bahwa di setiap hotel tidak harus memiliki ruangan, SOP, system, serta kesamaan memanage dan memiliki fasilitas yang sama, tetapi tetap memakai basic SOP international disetiap department.








0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Laman